Pages

Jumat, 07 September 2018


Membangun Ikatan Belajar yang Kuat



Belajar????
Bagi sebagian orang belajar merupakan hal yang kita lakukan disekolah dengan membaca berbagai sumber buku. Adapula yang mengasumsikan belajar adalah kegiatan yang membosankan. Namun makna sesungguhnya belajar adalah proses seseorang untuk mengenal sesuatu hal baru yang baru saja ia temukan. Belajar tidak hanya ada didalam kelas, belajar dapat kita lakukan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Belajar tidak hanya identik dengan membaca buku pelajaran, namun belajar itu meliputi dengan segala hal, bisa melalui mendengarkan, melihat,  praktek dan lain sebagainya. Bosan dalam belajar itu muncul akibat kurangnya kita mengeksplor cara belajar yang lain. 

Membangun ikatan agar kita erat sama yang namanya belajar setiap orang memiliki caranya masing-masing. Nahh, dalam postingan kali ini mimin mau kasih tips cara belajat yang menyenangkan sekaligus cepat dalam memahami suatu materi.

Berikut adalah beberapa cara agar dekat sama yang namanya belajar.

1. Ciptakan suasana kondusif dan tenang.
Kalau mimin pribadi suka belajar ditempat yang tenang. Dengan ketenangan itu otak kita menjadi lebih rileks dan siap untuk memahami berbagai materi. Namun bagi sebagian orang adapula tipe belajar ditempat yang cenderung ramai dan bising. 

2. Pastikan Anda berada didalam suhu ruangan yang pas.
Suhu ruangan yang panas akan membuat semangat untuk belajar semakin menurun dan menciptakan perasaaan malas. Suhu ruangan yang panas membuat otak kita susah untuk berkonsentrasi. Sehingga belajarlah di tempat yang memiliki suhu dingin misalkan ac atau kipas angin atau berada di luar ruangan.

3. Mendengarkan musik.
Rasa kantuk ketika hendak belajar terkadang sering muncul. Dengan memutar lagu kesukaan kita maka rasa kantuk itu akan hikang dengan sendirinya. Namun ingat jangan memutar lagu yang memiliki warna musik melo atau slow yang justru membuat kita semakin mengantuk. Perbanyaklah minum air putih agar pasokan oksigen ke otak semakin bertambah sehingga rasa kantuk juga akan hilang.

4. Variasi belajar.
Variasikan cara belajar Anda dengan kegiatan yang tidak monoton. Misalkan cobalah praktikum, mengamati, berdiskusi, belajar kelompok dan masih banyak lagi.

5. Memahami dengan lagu atau jembatan keledai.
Terkadang beberapa materi susah untuk dipahami. Ingat jangan mengahafal tetapi memahami. Cobalah rangkai kata dalam materi yang sedang dipelajari dengan membuat sebuah lagu. Niscaya dengan lagu yang kita pelajari akan ingat selamanya. Bisa juga dengan merangkai sebuah bahasan dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau biasa disebut jembatan keledai.


Nah, itulah beberapa cara meningkatkan ikatan kita dengan belajar. Dengan niat, doa dan diiringi dengan usaha niscaya kegiatan kita akan selalu berjalan lancar tanpa suatu hambatan jika memang itu berdampak positif dan memiliki banyak manfaat. Jadi kenalilah tipe dirimu masing-masing, cara belajar mana yang cocok untuk kepribadian masing-masing.


Selamat mencoba.






0 komentar:

Posting Komentar