Pages

Kamis, 06 September 2018

Resensi Buku

Berekspresi dengan Sebuah Lensa


 Identitas Buku

Judul Buku                  : Jurus Memotret Objek Bergerak
Pengarang Buku          : Atok Sugiyarto
Penerbit Buku              :PT Gramedia Pustaka Utama
Kota Terbit                  : Jakarta
Tahun Terbit                : 2006
Tebal Buku                  : 87 halaman


Resensi
   Buku karangan Atok Sugiyarto ini menyajikan tentang cara-cara dan langkah-langkah yang digunakan untuk membidik sebuah objek fotografi terutama pada sebuah objek bergerak. Semuanya dikupas secara tuntas oleh sang pengarang pada buku ini. Di dalam buku ini mengupas bagaimana cara mendapatkan gambar dengan sebuah arti yang luar biasa. Setiap gambar akan mempunyai sebuah arti nilai seni apabila didapatkan dengan sebuah teknik khusus. Berbagai teknik tersebut diantaranya ada foto panning, foto zooming, foto flashing, foto filtering dan lain sebagainya. 
   Setiap objek bergerak memiliki teknik pengambilan foto yang berbeda-beda, sehingga diperlukan keahlian khusus dalam pengoperasian kamera agar mendapatkan hasil bidikan gambar yang diinginkan. Dalam buku ini juga disajikan cara-cara menggunakan kamera atau setting kamera terutama pada kamera berjenis DSLR, mulai dari pengaturan pencahayaan, pengaturan kecepatan rana ( pembidik), tata pencahayaan yang tepat, fokus kamera, dan lain sebagainya. Saat ini dimana teknologi semakin canggih, mahir dalam pengoperasian kamera saja belum cukup. Foto perlu yang namanya proses editing. Tidak semua orang bisa melakukan proses editing ini, sehingga dalam buku ini disajikan pula cara-cara editing yang baik dan benar tanpa mengurangi sebuah arti dari foto itu sendiri. Pemilihan lensa kamera juga menjadi andalan para fotografer untuk memaksimalkan hasil bidikan. Penggunaan lensa harus sesuai dengan objek yang akan diambil gambarnya, misalkan untuk pengambilan objek jarak jauh sudah pasti kita menggunakan lensa berjenis tele bukan lensa makro atau wide. Dalam buku ini tidak hanya membahas cara membidik objek bergerak manusia saja namun juga hewan, dan peristiwa alam yang terjadi di sekitar kita.  
   Buku ini sangat banyak menyajikan langkah pengambilan gambar dengan objek bergerak. Selain itu dengan adanya contoh foto nyata dari setiap bab yang dibahas dalam buku ini menjadikan buku ini semakin menarik untuk dibaca. Terlebih lagi foto-foto yang disajikan adalah foto asli dari pengarang, sehingga dapat kita ketahui bahwa pengarang memang mempunyai keahlian dibidang fotografi terutama fotografi objek bergerak yang sangat sulit proses pengambilan gambarnya. Penggunaan kertas dalam buku ini juga sangat bagus, tebal dan sangat cocok untuk menampilkan foto. Penggunaan printer yang bagus juga membuat foto dalam buku ini tampak nayata dan indah. Namun dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan buku ini juga memiliki berbagai kekurangan diantaranya di dalam buku ini hanya sebatas membahas cara mengambilan gambar dengan menggunakan kamera DSLR. Pemaparan proses editing hanya sebatas cropping atau memotong foto. Selain itu pada bab setting kamera tidak terdapat gambar penjelas. Dalam contoh foto banyak menampilkan objek di air atau tempat basah, namun pengarang tidak memaparkan bagaimana cara mengambil foto di tempat yang basah, mengingat kamera tidak boleh terkena air. Terlepas dengan berbagai kekurangan tersebut buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh semua kalangan terlebih bagi yang sangat menyukai dunia fotografi khususnya fotografi objek bergerak.





0 komentar:

Posting Komentar